Transfer Panas Materi dan Tugas Teknik Pertanian Unila

Transfer Panas Materi dan Tugas Teknik Pertanian Unila -
Sebelum anda mengambil mata kuliah ini anda dapat mempelajarinya terlebih dahulu.
Berikut adalah Materi kuliah Transfer Panas yang dapat anda download pada link dibawah ini:

Blog ini hanya tempat untuk berbagi jika terdapat informasi yang belum diperbarui atau terdapat kekurangan mohon berikan masukan dan saran, silahkan kirimkan pesan anda ke tepunila19@gmail.com atau tulis komentar dibawah. Terima Kasih.

UNTUK MENDOWNLOAD TUGAS DAN MATERI LINK ADA DIBAWAH

Mata kuliah Transfer Panas merupakan mata kuliah yang disajikan pada semester lima pada Jurusan Perkapalan khususnya Program Studi Teknik Pertanian Universitas Lampung. Penguasaan materi Transfer Panas akan membantu mahasiswa dalam menyelesaikan masalah pada mata kuliah lanjutan, sehingga dituntut kemampuan menyelesaikan masalah-masalah Perpindahan Panas.



Pada modul I menguraikan tentang klasifikasi dan mekanisme perpindahan panas yang terjadi pada suatu benda baik secara konduksi, radiasi dan konveksi serta hukum-hukum yang mengatur berbagai mekanisme aliran panas. Mekanisme perpindahan panas beroperasi secara bersamaan baik secara seri maupun paralel. Untuk mencapai kemampuan mahasiswa yang efektif/efisien maka dirancang
proses pembelajaran yang inovatif bernuansa learning, yang berbentuk kuliah idibarengi dengan diskusi dan small group discussion,

Modul II berisi tentang Perpindahan panas konduksi pada kondisi aliran tunak (stedy) dalam arah satu dan dua dimensi menggunakan hukum Fourier tentang konduksi termal, dalam kategori sistem satu dimensi ini termasuk berbagai bentuk fisik yang berlainan : sistem pada pelat datar, sistem-sistem silinder dan bola. 

Konduksi panas dalam sistem dua dimensi diselesaikan denan metode analitik, grafik, analog dan numerik Dalam beberapa masalah dua dimensi, pengaruh koordinat ruang kedua mungkin kecil sekali sehingga dapat diabaikan atau dapat diselesaikan dengan menggunakan metode numerik. Untuk menjelaskan materi ini menggunakan pembelajaran dalam bentuk kuliah dibarengi dengan diskusi dan cooperative learning

Pada modul III membahas Perpindahan panas konveksi pada kondisi aliran laminer dan turbulen, pada materi ini diterapkan teori lapisan batas dalam memahami perpindahan panas pada plat rata dan dalam aliran tabung baik laminar maupun turbulen. Pembahasan ini pada sistem aliran konveksi paksa (forced convection flow systems) dan sistem aliran konveksi bebas (free convection flow systems). Gerakan fluida disebabkan hanya oleh perbedaan kerapatan yang diakibatkan oleh gradien suhu, tanpa dibantu pompa atau kipas maka mekanisme perpindahan panas yang bersangkutan disebut konveksi bebas. Arus konveksi bebas memindahkan energi dalam yang tersimpan dalam fluida dengan cara yang pada hakekatnya sama dengan arus konveksi paksa. Intensitas gerakan pencampuran dalam konveksi bebas pada umumnya lebih kecil dan akibatnya koefisien perpindahan panasnya kecil dibanding konveksi paksa.

Bentuk pembelajaran yang diterapkan dalam bentuk kuliah dibarengi dengan diskusi dan collaborative learning,

Modul IV ini menguraikan penerapan prinsip-prinsip perpindahan panas untuk merancang (design) alat-alat guna mencapai suatu tujuan. Pembahasan alat penukar panas berbentuk analisis teknik, dimana metode untuk meramalkan daya guna (performance) penukar panas dijelaskan terutama menggunakan ragam perpindahan panas konduksi dan konveksi. Penguasaan materi ini akan membantu mahasiswa dalam menyusun portofolio karakteristik model penukar panas.

Bentuk pembelajarannya dalam bentuk kuliah dibarengi dengan diskusi dan
Project Based learning

Materi Kuliah Transfer Panas
                                                                         Download

No comments

Powered by Blogger.