Survey Dan Pemetaan Materi dan Tugas Kuliah Teknik Pertanian Unila

Survey Dan Pemetaan ini merupakan mata kuriah yang diajarkan pada semester genap  dan merupakan mata kuliah wajib dengan bobot sks 3 (2-1). Materi kuliah ini mengenai pengetahuan peralatan-peralatan dasar alat ukur yang digunakan untuk pengukuran di lapangan
dalam bidang survey dan pemetaan.

Blog ini hanya tempat untuk berbagi jika terdapat informasi yang belum diperbarui atau terdapat kekurangan mohon berikan masukan dan saran, silahkan kirimkan pesan anda ke tepunila19@gmail.com atau tulis komentar dibawah. Terima Kasih.

UNTUK MENDOWNLOAD TUGAS DAN MATERI LINK ADA DIBAWAH

Mengingat peralatan-peralatan untuk survey dan pemetaan sangat banyak jenis dan macamnya, maka untuk Bahan Ajar ini dibatasi pada materi peralatan-peralatan dasar yang digunakan untuk pengukuran sudut, arah, beda tinggi, dan jarak di lapangan. Disamping itu peraratan Gps untuk penentuan posisi, peralatan Echosounder untuk pengukuran kedalaman, dan peralatan gravimeter untuk pengukuran gaya berat diuraikan tidak secara lengkap, karena uraian secara detil akan diberikan pada mata kuliah yang lain.

Sebelum anda mengambil mata kuliah ini anda dapat mempelajarinya terlebih dahulu.
Berikut adalah Materi Survey Dan Pemetaan yang dapat anda download pada link dibawah ini:

Sedikit Ulasan tentang materi Survey Dan Pemetaan dibawah ini,

Teknik_Pertanian_Unila

Gambaran Singkat lsi Mata Kuliah

Mata Kuliah Peralatan survey dan pemetaan dimaksudkan untuk mengenalkan kepada mahasiswa berbagai peralatan ukur dasar yang digunakan dalam pengukuran di bidang survey dan pemetaan khususnya pengukuran secara terestris (di darat).

 Mengingat banyaknya macam-macam peraratan survey dan pemetaan, materi yang diberikan dibatasi pada peralatan dasar yang digunakan dalam pengukuran dibidang survey dan pemetaan yang mempunyai tujuan praktis. sesuai dengan materi yang diberikan khususnya peralatan untuk tujuan praktis, maka materi peralatan

Survey dan pemetaan meliputi peralatan ukur untuk menentukan sudut, jarak, beda tinggi dan arah di lapangan. Materi peralatan ukur untuk menentukan sudut di Iapangan meliputi peralatan yang mempunyai ketelitian bacaan terendah sampai dengan ketelitian tinggi, bermacam-macam sistem pembacaan, bagian-bagian dan konstruksi dasar peralatan ukur sudut, beberapa metode dan cara pengukuran sudut di lapangan, cara melakukan pengaturan alat dan koreksinya.

 Materi peralatan ukur untuk menentukan beda tinggiitinggi di lapangan meliputi penentuan beda tinggi/tinggi dengan peralatan yang sederhana
sampai dengan yang mempunyai ketelitian tinggi, bagian-bagian dan konstruksi dasar peralatan ukur beda tinggi, beberapa metode dan cara pengukuran beda tinggi di lapangan, cara melakukan pengaturan alat dan koreksinya.

Materi peralatan ukur untuk menentukan jarak di lapangan meliputi peralatan ukur jarak secara langsung, peralatan ukur jarak secara tidak langsung, dan alat ukur jarak secara elektronik. Sedangkan materi peralatan ukur GPS


Receiver, Echosounder dan Gravimeter hanya diuraikan secara ringkas karena pada mata kuliah Survey GPS, Geofisika Dasar dan Survey Hidrografi yang berkaitan dengan peralatan ukur tersebut akan diuraikan secara lebih detil.

Kegunaan Mata Kuliah bagi mahasiswa
Mata Kuliah Peralatan Survey dan Pemetaan dimaksudkan untuk mengenalkan kepada mahasiswa berbagai peralatan ukur dasar yang digunakan dalam pengukuran di bidang survey dan pemetaan khususnya pengukuran secara terestris (di darat), sehingga diharapkan mahasiswa tidak asing dengan berbagai jenis peralatan ukur dasar yang sering digunakan khususnya untuk tujuan praktis.

Tujuan lnstruksional Umum Setelah mengikuti kuliah Peralatan Survey dan Pemetaan, mahasiswa diharapkan akan dapat menunjukkan berbagai macam peralatan ukur dasar dalam pengukuran untuk tujuan praktis, dapat menguraikan langkah-langkah penggunaan dan mengoperasikan untuk pengukuran di lapangan serta dapat menjelaskan cara melakukan kontrol kualitas hasil ukuran.

Sistematika Bahan Ajar
Bahan Ajar Peralatan Survey dan Pemetaan terdiri dari 8 (delapan) Bab, yaitu :

BAB I : Materi dalam Bab I

terdiri dari pengertian dan fungsi alat theodolit, macam-macam alat theodolit, bagian-bagian dan fungsinya, rekonstruksi jalannya sinar pada teropong, pengertian fungsinya, rekonstruksi jalannya sinar pada teropong, pengertian skala lingkaran vertikal/tegak, nivo, sistem pembacaan pada theodolit, pengertian sudut, cara merakukan pengukuran sudut horizontal/mendatar dan sudut vertikalltegak, serta metode-metode pengukuran sudut horizontal/mendatar.

BAB ll : Materi dalam Bab ll

menguraikan tentang cara melakukan pemeriksaan alat theodolit sebelum digunakan untuk pengukuran dilapangan, yang meliputi pengaturan sesaat ( temporary adjusment ) dan pengaturan tetap ( permanent adjusment).

BAB lll : Materi dalam Bab lll

terdiri dari pengertian dan fungsi alat sipat datar, metode-metode penentuan beda tinggi, prinsip
konstruksi, prinsip takhimetri dan jalannya sinar pada alat sipat datar, serta macam-macam alat sipat datar.

BAB lv . Materi dalam Bab lV

menguraikan tentang cara melakukan pemeriksaan alat sipat datar sebelum digunakan untuk pengukuran dilapangan.

BAB V : Materi dalam Bab jarak baik secara langsung kesalahan dalam pengukuran jarak secara elektronik ( EDM ) V

menguraikan tentang alat pengukur dan tidak langsung, sumber-sumber jarak langsung, serta alat pengukur

BAB vl : Materi dalam Bab Vl

menguraikan secara singkat tentang alat GPS, posisi dan sistem koordinat, prinsip penentuan posisi dengan GPS serta keunggulan dan keterbatasan GpS.

BAB vll : Materi dalam Bab Vll

menguraikan secara singkat tentang alat echosounder, prinsip alat echosounder dan komponenkomponen pendukungnya.

BAB vlll : Materi dalam Bab Vlll

menguraikan secara singkat tentang alat gravimeter, Teknik membaca gravimeter yang meliputi posisi vil1 operator, menegakkan gravimeter, membaca skala bacaan dan cara mengkonversi hasil pembacaan.

Petunjuk untuk mempelajari Bahan Ajar
Agar proses belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar, efisien dan efektif, sehingga mahasiswa dapat memperoleh manfaat yang optimal dari kuliah yang diikuti, maka :

1. setiap mengikuti kuliah baik teori maupun praktikum mahasiswa harus sudah mempelajari atau minimal membaca materi kuliah yang akan dibicarakan pada jamijadwal kuliah yang
bersangkutan. Didalam kelas saat materi kuriah diberikan, sebagian waktu akan digunakan untuk diskusi, untuk itu mahasiswa diharapkan aktif, dan telah siap untuk ikut aktif dalam
diskusi. sedangkan dalam kegiatan praktikum mahasiswa harus selalu hadir dan aktif mengikuti kegiatan praktikum.

2. Mahasiswa harus mengerjakan tugas dan atau latihan yang dikerjakan secara kelompok maupun yang dikerjakan sendirisendiri (individu).

3. Mahasiswa diwajibkan membaca dan memperajari juga buku-buku referensi yang lain yang dianjurkan/ditunjukkan oleh dosen berkaitan dengan mata kuliah tersebut.

Materi Kuliah Survey Dan Pemetaan

No comments

Powered by Blogger.