Motor Bakar dan Traktor Pertanian Materi dan Tugas Kuliah Teknik Pertanian Unila

MotorBakar dan Traktor Pertanian adalah mata kuliah yang didapat pada semester ganjil, Ini adalah mata kuliah wajib yang harus diambil sebagai mahasiswa teknik pertanian unila.

Mata kuliah ini mempelajari ilmu tentang Motor Bakar dan Traktor Pertanian yang kaitannya dengan bidang pertanian. Beberapa materi yang bisa anda pelajari yaitu tentang Sistem Bahan Bakar, sistem pada karburator, sistim pelumasan, sistem transmisi daya, karburator , motor bensin atau solar, traktor pertanian,

Dimata kuliah ini kalian juga akan diajarkan mengendarai traktor cara kerja mesin traktor.
Wah seru nih, bisa coba ngendarai traktor hehe..

Blog ini hanya tempat untuk berbagi jika terdapat informasi yang belum diperbarui atau terdapat kekurangan mohon berikan masukan dan saran, silahkan kirimkan pesan anda ke tepunila19@gmail.com. Atau tulis pada komentar dibawah. Terima Kasih.

UNTUK MENDOWNLOAD TUGAS DAN MATERI LINK ADA DIBAWAH

Berikut sedikit kutipan mengenai Motor Bakar dan Traktor Pertanian.

Klasifikasi Motor Bakar
Pada dasarnya motor bakar terdiri dari dua jenis yaitu:
1.      Motor bensin
2.      Motor diesel

Teknik_Pertanian_Unila

Perbedaan antara motor bensin dan motor diesel terletak pada bahan bakar yang digunakan dan sistem penyalaan dalam silinder. Pada motor bensin bahan bakarnya adalah bensin, dinyalakan dengan loncatan bunga api pada tiap-tiap siklus pembakaran, proses ini disebut dengan sistem penyalaan api.

Sedangkan pada motor diesel bahan bakar yang digunakan adalah solar, sistem penyalaannya adalah sistem penyalaan sendiri, karena bahan bakar disemprotkan atau diinjeksikan ke dalam silinder yang telah berisi udara bertekanan dan temperatur tinggi untuk membakar bahan bakar (penyalaan kompresi).

Dalam operasinya motor bakar bekerja dalam satu siklus, dimana satu siklus terdiri dari proses isap, kompresi, kerja dan buang. Bila ditinjau dari langkah torak setiap siklusnya, maka motor bakar dapat dibedakan menjadi motor dua langkah dan motor empat langkah.

Motor bakar dua langkah merupakan motor bakar yang melengkapi siklus kerjanya dalam satu kali putaran poros engkol. Proses isap, kompresi terjadi pada langkah pertama sedangkan proses kerja, buang terjadi pada langkah ke dua.

Sedangkan motor bakar empat langkah merupkan motor bakar yang melengkapi siklus kerjanya dalam dua kali putaran poros engkol dan empat kali langkah torak untuk menghasilkan satu kerja.

1.      Motor Bensin (Siklus Otto)
Motor bensin termasuk ke dalam jenis motor bakar torak. Proses pembakaran bahan bakar dan udara di dalam silinder. Motor bakar bensin dilengkapi dengan busi dan karburtor yang membedakannya dengan motor diesel.

Busi berfungsi untuk membakar campuran udara-bensin yang telah dimampatkan dengan jalan memberi loncatan api listrik diantara kedua elektrodanya. Karena itu motor bensin dinamai dengan spark ignitions.

Sedangkan karburator adalah tempat bercampurnya udara dan bensin, campuran tersebut kemudian masuk ke dalam silinder yang dinyalakan oleh loncatan bunga api listrik dari busi menjelang akhir langkah kompresi.

Pembakaran bahan bakar-udara ini menyebabkan mesin menghabiskan daya di dalam siklus Otto (ideal) pembakaran tersebut dimisalkan dengan panas pada volume konstan.

Prinsip Kerja Motor Bensin
Berdasarkan prinsip kerja, motor bensin dibedakan atas:
1.      Motor bakar bensin dua langkah (2-tak)
2.      Motor bakar bensin empat langkah (4-tak)

Prinsip Kerja Motor Bensin Dua Langkah
Motor bensin dua langkah   (2-tak) merupakan motor bakar yang mengalami dua proses dalam setiap langkahnya.

Langkah kerja
Pada saat piston mencapai titik mati atas (TMA), loncatan bunga api listrik dari busi membakar campuran udara-bahan bakar yang bertekanan tinggi sehingga terjadilah ledakan akibatnya piston akan terdorong kebawah maka dimulailah langkah expansi atau langkah tenaga, sekaligus terjadinya langkah isap dimana campuran bahan bakar-udara masuk melalui saluran isap.

 Langkah kompresi
Setelah piston mencapai titik mati bawah (TMB), maka piston akan kembali bergerak menuju titik mati atas, gerakan ini akan mengompres campuran bahan bakar-udara yang telah berada di dalam silinder, langkah ini sekaligus merupakan langkah buang dimana sisa pembakaran akan terdorong keluar melalui saluran buang, dan selanjutnya akan kembali ke siklus langkah semula.

Prinsip Kerja Motor Bensin Empat Langkah
Motor bensin empat langkah (4-tak) mengalami satu proses disetiap langkahnya.

1.      Langkah isap
Langkah ini diawali dengan pergerakan piston dari titik mati atas (TMA) menuju titik mati bawah (TMB), katup isap terbuka dan katup buang tertutup.Melalui katup isap, campuran bahan bakar(bensin)-udara masuk ke dalam ruang bakar.

2.      Langkah kompresi
Poros engkol berputar menggerakan torak ke TMA setelah mencapai TMB. Katup masuk dan katup buang tertutup. Campuran udara bahan-bakar dikompresikan, tekanan dan temperatur di dalam silinder meningkat, sehingga campuran ini mudah terbakar. Proses pemampatan ini di sebut juga langkah tekan, yaitu ketika torak bergerak dari TMB menuju TMA dan kedua katup tertutup.

3.      Langkah kerja
Dikala berlangsungnya langkah kerja ini, kedua katup tertutup. Pada waktu torak mencapai TMA, timbulah loncatan bunga api listrik dari busi dan membakar campuran udara-bahan bakar yang bertekanan dan bertemperatur tinggi sehingga timbul ledakan, akibatnya torak terdorong menuju TMB sekaligus menggerakkan poros engkol sehingga diperoleh kerja mekanik.

4.      Langkah buang
Setelah menacapai TMB poros engkol menggerakkan torak ke TMA, volume silinder mengecil. Pada saat langkah buang katub masuk tertutup dan katu buang terbuka. Torak menekan gas sisa pembakaran ke luar silinder. Beberapa saat sebelum torak mencapai TMA, katup isap mulai terbuka dan beberapa saat setelah bergerak ke bawah, katup buang sudah menutup.Gerakan ke bawah ini menyebabkan campuran udara-bahan bakar masuk ke dalam silinder, sehingga siklus tersebut terjadi secara berulang.

Gerakan torak akan menimbulkan gesekan yaitu antara cincin torak dengan dinding silinder yang mengauskan permukaan dan kerusakan selanjutnya dipercepat oleh panas yang terjadi karena gesekan itu. Besarnya gesekan dapat dikurangi dengan sistem pelumasan yang baik pada motor bensin. Pelumas ini berfungsi untuk memisahkan dua permuakaan yang bersentuhan.

Motor bensin menggunakan pelumas cair yang dikenal dengan minyak pelumas. Selain mudah disalurkan minyak pelumas ini berfungsi juga sebagai fluida pendingin, pembersih dan penyekat.

Gas pembakaran di dalam silinder dapat mencapai +2500 oC, karena proses itu terjadi berulang-ulang maka dinding silinder, kepala silinder, torak, katup dan beberapa bagian lain menjadi panas. Sehingga bagian tersebut perlu untuk didinginkan, agar temeperaturnya tetap berada dalam batas yang diperbolehkan, sesuai dengan kekuatan dan kondisi operasi yang baik. Kekuatan material akan menurun sejalan dengan naiknya temperatur.

Pada motor bensin pendinginan menggunakan pendingin air, dimana air pendingin dialirkan melalui dan menyelubungi dinding silinder, kepala silinder serta bagian lain yang perlu untuk didinginkan. Air pendingin akan menyerap kalor dari semua bagian tersebut kemudian mengalir meninggalkan blok mesin menuju radiator atau alat pendingin yang menurunkan kembali temperaturnya.

Pada radiator air panas yang keluar dari mesin disalurkan melalui pipa-pipa vertikal di dalam radiator yang dilengkapi dengan sirip pendingin untuk memperluas bidang perpindahan kalor. Pendinginan dilakukan oleh kipas yang terdapat di belakang radiator. Udara atmosfer dipaksa melewati sirip radiator tadi dan menyerap kalor yang dilepaskan oleh air pendingin ke bidang radiator. Jadi air pendingin tidak berhubungan langsung dengan udara atmosfer. Karena itu dinamai sistem pendinginan tertutup.

Baca :Jenis-Jenis Traktor, Cara Pengoperasian Dan Perawatannya

Itulah sedikit ulasan tentang kuliah Motor Bakar dan Traktor Pertanian, Sebelum anda mengambil mata kuliah ini anda dapat mempelajarinya terlebih dahulu.
Berikut adalah Materi dan tugas kuliah Motor Bakar dan Traktor Pertanian  yang dapat anda download pada link dibawah ini:

Materi dan Tugas Kuliah Motor Bakar dan Traktor Pertanian 
                                                     1.Download                                      2.ownload

No comments

Powered by Blogger.